* TEKNIK ARSITEKTUR


Arsitektur adalah seni mendesain bangunan yang baik, bangunan yang atraktif, terencana dengan baik, dan terbangun dengan baik, dan keduanya sesuai dan berarti untuk kalangan masyarakat.(Ben Farmer: Needs and Means)
Arsitektur adalah :

* Seni dalam mendirikan bangunan, termasuk didalamnya segi perencanaan, konstruksi dan penyelesaian dekorasinya.
* Sifat / bentuk bangunan
* Proses membangun bangunan
* Bangunan
* Kumpulan bangunan

- Arsitektur adalah seni bangunan menurut ketentuan untuk perbandingan dan kepastian perayuran serta diatur oleh alam dan rasa.(sumber: Cewilt, Joseph.The Encyclopedia of Architecture.1982)
- Arsitektur secara umum terutama di Eropa merupakan bentuk geometri dan perhitungan (perhitungan konstruksi bangunan) yang menakjubkan.(Robert Lawlor).
- Arsitektur adalah sarana dan cara berekspresi yang fungsi utamanya adalah intervensi untuk kepentingan manusia tanpa menghilangkan identitasnya.(sumber: Kerangka Kerja Makna Didalam Arsitektur, R.Christian, J. Sinar Tanudjaya, Universitas Atmadjaya, Yogyakarta, 1991)
- Arsitektur adalah alat ungkap dari kehidupan masyarakat . (sumber: Budihardjo, Eko, Jati Diri Arsitektur Indonesia, Alumni ,Bandung, 1991. Cetakan ke-2)

Gaya atau Disain Arsitektur telah berkembang dimulai sejak zaman prasejarah hingga kelak dikemudian hari. Seperti halnya pakaian atau busana, disain Arsitektur sangat dipengaruhi oleh kebudayaan, tingkat intelegensia maupun Iklim.
Arsitektur tidak "berhenti" atau stabil, tetapi selalu bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan Arsitekturpun tidak berbanding lurus dengan perkembangan zaman dan teknologi, walaupun memang perkembangan zaman maupun teknologi sangat mempengaruhi perkembangan Arsitektur.
Oleh karena itu, trend atau gaya Arsitektur yang berkembangan di masyarakat bisa saja selalu berulang kembali. Contohnya, dahulu, di tahun sekitar 80-an, gaya Arsitektur Spanyolan sangat populer dan menjadi trend setting kala itu. Pokoknya, saat itu, orang yang mempunyai rumah dengan gaya Spanyolan dipandang "berada". Tetapi saat ini, di era 2000-an, justru trend mode bergeser ke arah yang sederhana. Ya...Minimalis. Pola perpaduan yang sederhana antara bidang bidang Vertikal dan Horisontal yang dipadukan secara sederhana, tanpa detail yang njlimet justru digandrungi. Bukan tidak mungkin, suatu saat Trend Arsitektur akan kembali ke zaman era sebelumnya.


0 komentar to "* TEKNIK ARSITEKTUR"

Posting Komentar

  • Welcome Message

Followers

Web hosting for webmasters